Agama untuk Siapa dan Apa 5 (Habis)

Submitted by afton on Thu, 07/05/2018 - 13:33

AGAMA UNTUK SIAPA DAN APA (5- habis)

Memerdekakan dan Mewujudkan Keadilan

Untuk apa agama dihadirkan untuk manusia di bumi ini?. Dalam konteks Islam, Allah memberikan jawaban yang tegas atas hal ini, dengan antara lain mengatakan : 

الَر كِتَابٌ أَنزَلْنَاهُ إِلَيْكَ لِتُخْرِجَ النَّاسَ مِنَ الظُّلُمَاتِ إِلَى النُّورِ بِإِذْنِ رَبِّهِمْ إِلَى صِرَاطِ الْعَزِيزِ الْحَمِيدِ

"Aku turunkan kepadamu kitab suci ini, agar kau membebaskan manusia dari "kegelapan" menuju "cahaya".

Dunia gelap itu adalah dunia yang diliputi kebodohan (al-Jahl) dan penindasan (al-Zhulm). Dunia bercahaya adalah dunia berpengetahuan (al-Ilm) dan keadilan (al-Adl). 

Ayat di atas itu seakan-akan Tuhan ingin mengatakan kepada Muhammad, kekasih-Nya : 

Wahai Muhammad-Ku, kekasih-Ku. Lakukan segera transformasi kebudayaan dunia secara sistemik menuju pencerahan dan keadilan. Ajari mereka pengetahuan dan kebijaksanaan, agar mereka mengerti dirinya sendiri dan orang lain. Ketidakmengertian adalah faktor utama permusuhan. Bangun peradaban baru yang memuliakan manusia, sebagaimana Aku sendiri memuliakannya. Bebaskan bumi manusia dari sistem perbudakan manusia atas manusia. Selamatkan mereka dari penderitaan dan nestapa. Muliakan kaum perempuan. Dudukkan mereka di sampingmu, bukan di belakangmu. Ajak mereka tampil ke dunia manusia. Ajaklah seluruh manusia menuju Tuhan bersama Tuhan. Cintai mereka, sebagaimana engkau mencintai dirimu sendiri. Perlakukan orang lain sebagaimana engkau sendiri ingin diperlakukan. Jangan perlakukan mereka dengan cara yang kau sendiri tidak ingin diperlakukan. Orang lain adalah cermin bagimu. Mereka mempunyai segenap rasa sebagaimana rasa yang engkau miliki. Cintailah semua orang, niscaya kau akan berada di antara wewangian di taman surgawi. Inilah ekspresi dari makna substantif kata-kata Tuhan : Rahmatan Li al-'Alamin". 

Sumber: KH Husein Muhammad