Kontraversi Bacaan Doa diantara Dua Sujud

Submitted by afton on Thu, 08/02/2018 - 06:38

Kontroversi Bacaan Doa diantara Dua Sujud

Saya ditanya oleh seorang kawan di medsos mengenai meme yang viral di whatsapp group tentang kesalahan bacaan doa saat duduk diantara dua sujud dalam shalat. Ada juga yang mengirimkan kepada saya video seorang Ustad yang mengatakan tambahan kata waโ€™fuโ€™anni itu hanya bikinan ulama Indonesia.

Pertama, gambar yang beredar itu terlalu semangat sampai mencoret juga kata waโ€™afini. Padahal kata waโ€™afini ini terdapat dalam hadits riwayat Sunan Abi Dawud. Jadi seharusnya jangan ikut dicoret. Mungkin terlalu semangat mau nyunnah kali yah ๐Ÿ™‚ย 

Kedua, mayoritas ulama mengatakan duduk diantara dua sujud itu termasuk rukun shalat, namun membaca doa diantara dua sujud itu sunnah. Artinya, gak bacapun gak masalah. Shalatnya tetap sah. Kalau mau berdoโ€™a dianjurkan kita mengikuti contoh yang diajarkan Nabi saat dalam posisi duduk diantara dua sujud. Namun bukan berarti baca doa lain itu salah.

Lagipula ternyata riwayat Haditsnya beraneka ragam dan para ulama juga berdiskusi mengenai statusnya. Ada yang bilang yang sahih itu adalah riwayat yang mengatakan berdoa cukup dengan kalimat Rabbighfirli saja. Ulama lain menerima riwayat yang mengindikasikan juga boleh berdoa lebih panjang dari kalimat pendek itu.

Akhirnya Imam Nawawi dalam al-Majmuโ€™ Syarh Muhazzab (3/437) menggabungkan redaksi yang berbeda itu dan merangkum tujuh kata, yaitu allahummaghfirli warhamni wa โ€˜afini wajburni warfaโ€™ni wahdini warzuqni.

โ€Žูˆุฃู…ุง ุญุฏูŠุซ ุงุจู† ุนุจุงุณ ูุฑูˆุงู‡ ุฃุจูˆ ุฏุงูˆุฏ ูˆุงู„ุชุฑู…ุฐูŠ ูˆุบูŠุฑู‡ู…ุง ุจุฅุณู†ุงุฏ ุฌูŠุฏ ุŒ ูˆุฑูˆุงู‡ ุงู„ุญุงูƒู… ููŠ ุงู„ู…ุณุชุฏุฑูƒ ูˆู‚ุงู„ : ุตุญูŠุญ ุงู„ุฅุณู†ุงุฏ ุŒ ูˆู„ูุธ ุฃุจูŠ ุฏุงูˆุฏ { ุงู„ู„ู‡ู… ุงุบูุฑ ู„ูŠ ูˆุงุฑุญู…ู†ูŠ ูˆุนุงูู†ูŠ ูˆุงู‡ุฏู†ูŠ ูˆุงุฑุฒู‚ู†ูŠ } ูˆู„ูุธ ุงู„ุชุฑู…ุฐูŠ : ู…ุซู„ู‡ ู„ูƒู†ู‡ ุฐูƒุฑ " { ูˆุฃุฌุฑู†ูŠ ูˆุนุงูู†ูŠ } " ูˆููŠ ุฑูˆุงูŠุฉ ุงุจู† ู…ุงุฌู‡ ( ูˆุงุฑูุนู†ูŠ ) ุจุฏู„ ( ูˆุงู‡ุฏู†ูŠ ) ุŒ ูˆููŠ ุฑูˆุงูŠุฉ ุงู„ุจูŠู‡ู‚ูŠ { ุฑุจ ุงุบูุฑ ู„ูŠ ูˆุงุฑุญู…ู†ูŠ ูˆุฃุฌุฑู†ูŠ ูˆุงุฑูุนู†ูŠ ูˆุงุฑุฒู‚ู†ูŠ ูˆุงู‡ุฏู†ูŠ } ูุงู„ุงุญุชูŠุงุท ูˆุงู„ุงุฎุชูŠุงุฑ : ุฃู† ูŠุฌู…ุน ุจูŠู† ุงู„ุฑูˆุงูŠุงุช ูˆูŠุฃุชูŠ ุจุฌู…ูŠุน ุฃู„ูุงุธู‡ุง ูˆู‡ูŠ ุณุจุนุฉ { ุงู„ู„ู‡ู… ุงุบูุฑ ู„ูŠ ูˆุงุฑุญู…ู†ูŠ ูˆุนุงูู†ูŠ ูˆุฃุฌุฑู†ูŠ ูˆุงุฑูุนู†ูŠ ูˆุงู‡ุฏู†ูŠ ูˆุงุฑุฒู‚ู†ูŠ }

Lantas bagaimana dengan tambahan kata waโ€™fuโ€™anni? Benarkah tidak nyunnah kalau memberi tambahan satu kata dalam doa saat duduk diantara dua sujud?ย 

Saya sarankan selain Pak Ustad itu buka kitab hadits, juga sebaiknya buka kitab fiqh. Ahli hadits itu apoteker, sedangkan ahli fiqh itu ibaratnya dokter. Apoteker tahu kandungan obat, namun hanya dokterlah yang punya kapasitas mendiagnosis penyakit dan menuliskan resepnya. Kalau daโ€™i gimana? Yah ibaratnya perawat aja deh, bagian yang membantu dan mengingatkan pasien sudah minum obat belum. Ini tidak bermaksud merendahkan salah satu profesi di atas, hanya sekedar membuat perumpamaan siapa yang berhak mengambil kesimpulan suatu masalah.

Mari kita ngaji berbagai kitab fiqh dalam masalah ini.

Kitab semisal Ghayah Al-Muna karya Syaikh Muhammad bin โ€˜Ali Ba โ€˜Athiyyah Al-Hadhrami Ar-Ruโ€™ani atau Kasyifatus Saja karya Syekh Nawawi al-Bantani (yang kedua kitab ini merupakan Syarh dari Kitab Safinah) sudah menyebutkan mengenai tambahan โ€œwaโ€™fuโ€™anniโ€ tersebut.

Misalnya Imam Nawawi al-Bantani dalam Kasyifatus Saja menjelaskan:

โ€Žู‚ุงู„ ุงู„ุดุจุฑุงู…ู„ุณูŠ: ูˆู‚ุฏ ุฌุฒู… ุงุจู† ุงู„ู…ู‚ุฑูŠ ุจุนุฏู… ูˆุฌูˆุจ ุงู„ุงุนุชุฏุงู„ ูˆุงู„ุฌู„ูˆุณ ุจูŠู† ุงู„ุณุฌุฏุชูŠู† ููŠ ุงู„ู†ูู„ ุงู‡ู€ ูˆุฃูƒู…ู„ู‡ ุฃู† ูŠู‚ูˆู„: ุฑุจ ุงุบูุฑ ู„ูŠ ูˆุงุฑุญู…ู†ูŠ ูˆุงุฌุจุฑู†ูŠ ูˆุงุฑูุนู†ูŠ ูˆุงุฑุฒู‚ู†ูŠ ูˆุงู‡ุฏู†ูŠ ูˆุนุงูู†ูŠ ูˆุงุนู ุนู†ูŠ. ู‚ูˆู„ู‡: ุฑุจ ุงุบูุฑ ู„ูŠ ุฃูŠ ุงุณุชุฑ ู…ุง ูˆู‚ุน ู…ู† ุฐู†ูˆุจูŠ ูˆู…ุง ุณูŠู‚ุน ู…ู†ู‡ุง. ูˆู‚ูˆู„ู‡: ูˆุงุฑุญู…ู†ูŠ ุฃูŠ ุฑุญู…ุฉ ูˆุงุณุนุฉ. ูˆู‚ูˆู„ู‡: ูˆุงุฌุจุฑู†ูŠ ุฃูŠ ุฃุบู†ู†ูŠ ูˆุงุนุทู†ูŠ ู…ุงู„ุงู‹ ูƒุซูŠุฑุงู‹ ูˆู‡ูˆ ู…ู† ุจุงุจ ู‚ุชู„. ูˆู‚ูˆู„ู‡: ูˆุงุฑูุนู†ูŠ ุฃูŠ ููŠ ุงู„ุฏู†ูŠุง ูˆุงู„ุขุฎุฑุฉ. ูˆู‚ูˆู„ู‡: ูˆุงุฑุฒู‚ู†ูŠ ุฃูŠ ุฑุฒู‚ุงู‹ ูˆุงุณุนุงู‹ุŒ ูˆู…ุญู„ ุฌูˆุงุฒ ุงู„ุฏุนุงุก ุจุฐู„ูƒ ุฅู† ู‚ุตุฏ ุงู„ุฑุฒู‚ ู…ู† ุงู„ุญู„ุงู„ ุฃูˆ ุฃุทู„ู‚ ูˆุฅู„ุง ุญุฑู….ย 

โ€Žูˆู‚ูˆู„ู‡: ูˆุงู‡ุฏู†ูŠ ุฃูŠ ู„ุตุงู„ุญ ุงู„ุฃุนู…ุงู„. ูˆู‚ูˆู„ู‡: ูˆุนุงูู†ูŠ ุฃูŠ ุณู„ู…ู†ูŠ ู…ู† ุจู„ุงูŠุง ุงู„ุฏู†ูŠุง ูˆุงู„ุขุฎุฑุฉ. ูˆู‚ูˆู„ู‡: ูˆุงุนู ุนู†ูŠ ุฃูŠ ุงู…ุญ ุฐู†ูˆุจูŠุŒ ูˆูŠุฃุชูŠ ููŠ ุงู„ุถู…ุงุฆุฑ ุงู„ู…ุฐูƒูˆุฑุฉ ุจู„ูุธ ุงู„ุฅูุฑุงุฏ ูˆู„ูˆ ุฅู…ุงู…ุงู‹ ู„ุฃู† ุงู„ุชูุฑู‚ุฉ ุจูŠู†ู‡ ูˆุจูŠู† ุบูŠุฑู‡ ุฎุงุตุฉ ุจุงู„ู‚ู†ูˆุชุŒ ู‚ุงู„ ุงู„ุณูˆูŠููŠ ููŠ ุชุญูุฉ ุงู„ุญุจูŠุจ: ูˆูŠุณู† ู„ู„ู…ู†ูุฑุฏ ูˆุฅู…ุงู… ู…ุญุตูˆุฑูŠู† ุฑุถูˆุง ุจุงู„ุชุทูˆูŠู„ ุฃู† ูŠุฒูŠุฏูˆุง ุนู„ู‰ ุฐู„ูƒ: ุฑุจ ู‡ุจ ู„ูŠ ู‚ู„ุจุงู‹ ุชู‚ูŠุงู‹ ู…ู† ุงู„ุดุฑูƒ ุจุฑูŠุงู‹ ู„ุง ูƒุงูุฑุงู‹ ูˆู„ุง ุดู‚ูŠุงู‹

Penjelasan Imam Nawawi al-Bantani tidak bisa dianggap seolah-olah beliau-lah yang membuat-buat tambahan kata โ€œwaโ€™fuโ€™anniโ€ hanya karena beliau ulama Nusantara. Beliau mengutip dari ulama lain yaitu Imam Asyibromalisi yang memberi tambahan kata waโ€™fuโ€™anni. Bahkan Imam Nawawi al-Bantani juga mengutip doa tambahan lainnya dari kitab Tuhfah al-Habib atau yang biasa dikenal dengan Hasyiah al-Bujairimi โ€˜alal Khatib yang mengomentari kitab al-Iqnaโ€™. Ini tambahan doanya:

Rabbi Habli qalban taqiya minas syirki bariyyan la kafiran wa la saqiyyan (Tuhanku, berikan untukku anugerah hati yang takwa, bebas dari syirik, tidak kufur, dan tidak celaka).

Penjelasan lebih lanjut kita temui di kitab-kitab besar dalam mazhab Syafiโ€™i berikut ini.

Kitab Nihayatul Muhtaj ila Syarhil Minhaj (1/518)

ูƒู…ุง ููŠ ุงู„ุณุฌูˆุฏ ุฃุฎุฐุง ู…ู† ุงู„ุฑูˆุถุฉ ( ู‚ุงุฆู„ุง : ุฑุจ ุงุบูุฑ ู„ูŠ ูˆุงุฑุญู…ู†ูŠ ูˆุฃุฌุจุฑู†ูŠ ูˆุงุฑูุนู†ูŠ ูˆุงุฑุฒู‚ู†ูŠ ูˆุงู‡ุฏู†ูŠ ูˆุนุงูู†ูŠ ) ู„ู„ุงุชุจุงุน ุฑูˆู‰ ุจุนุถู‡ ุฃุจูˆ ุฏุงูˆุฏ ูˆุจุงู‚ูŠู‡ ุงุจู† ู…ุงุฌู‡ .ย 

ูˆู‚ุงู„ ุงู„ู…ุชูˆู„ูŠ : ูŠุณุชุญุจ ู„ู„ู…ู†ูุฑุฏ : ุฃูŠ ูˆุฅู…ุงู… ู…ู† ู…ุฑ ุฃู† ูŠุฒูŠุฏ ุนู„ู‰ ุฐู„ูƒ ุฑุจ ู‡ุจ ู„ูŠ ู‚ู„ุจุง ุชู‚ูŠุง ู†ู‚ูŠุง ู…ู† ุงู„ุดุฑูƒ ุจุฑูŠุง ู„ุง ูƒุงูุฑุง ูˆู„ุง ุดู‚ูŠุง ูˆุงุฑูุนู†ูŠ ูˆุงุฑุญู…ู†ูŠ ู…ู† ุฒูŠุงุฏุชู‡ ุนู„ู‰ ุงู„ู…ุญุฑุฑ ุŒ ูˆุฃุณู‚ุท ู…ู† ุงู„ุฑูˆุถุฉ ุฐูƒุฑ ุงุฑุญู…ู†ูŠ ูˆุฒุงุฏ ููŠ ุงู„ุฅุญูŠุงุก ุจุนุฏ ู‚ูˆู„ู‡ ูˆุนุงูู†ูŠ ูˆุงุนู ุนู†ูŠ ูˆููŠ ุชุญุฑูŠุฑ ุงู„ุฌุฑุฌุงู†ูŠ ูŠู‚ูˆู„ ุฑุจ ุงุบูุฑ ูˆุงุฑุญู… ูˆุชุฌุงูˆุฒ ุนู…ุง ุชุนู„ู… ุฅู†ูƒ ุฃู†ุช ุงู„ุฃุนุฒ ุงู„ุฃูƒุฑู…

Dianjurkan saat shalat sendiri atau sebagai Imam yang tidak memberatkan jamaahnya untuk menambah doa saat duduk di antara dua sujud dengan kalimat:

Rabbi Habli qalban taqiyan naqiyan minas syirki bariyyan la kafiran wa la saqiyyan, warfaโ€™ni warhamni

(Tuhanku, berikan untukku anugerah hati yang takwa, suci-bebas dari syirik, tidak kufur, dan tidak celaka. Tuhanku, angkatlah derajatku dan turunkan rahmat-Mu bagiku)

Bahkan disebutkan dalam teks di atas bahwa ada tambahan doa lainnya dari Imam al-Jurjani.

Kitab karya ulama besar mazhab Syafiโ€™i yang bernama Imam Ramly ini memberi info menarik bahwa yang memberi tambahan kata waโ€™fuโ€™anni itu adalah Imam al-Ghazali dalam kitab Ihya.

Jadi, jelas tambahan kata waโ€™fuโ€™anni bukan bikinan ulama Indonesia. Ulama pesantren tidak mengada-ngada. Semuanya jelas ada rujukannya.

Mari kita cek langsung pada kitab Ihya. Saya menemukannya di Juz 1, halaman 155:

โ€Žูˆุฃู† ูŠู‚ูˆู„ ุณูุจู’ุญูŽุงู†ูŽ ุฑูŽุจู‘ููŠูŽ ุงู„ู’ุฃูŽุนู’ู„ูŽู‰ ุซูŽู„ูŽุงุซู‹ุง ููŽุฅูู†ู’ ุฒูŽุงุฏูŽ ููŽุญูŽุณูŽู†ูŒ ุฅูู„ู‘ูŽุง ุฃูŽู†ู’ ูŠูŽูƒููˆู†ูŽ ุฅูู…ูŽุงู…ู‹ุง
โ€Žุซูู…ู‘ูŽ ูŠูŽุฑู’ููŽุนู ู…ูู†ูŽ ุงู„ุณู‘ูุฌููˆุฏู ููŽูŠูŽุทู’ู…ูŽุฆูู†ู‘ู ุฌูŽุงู„ูุณู‹ุง ู…ูุนู’ุชูŽุฏูู„ู‹ุง ููŽูŠูŽุฑู’ููŽุนู ุฑูŽุฃู’ุณูŽู‡ู ู…ููƒูŽุจู‘ูุฑู‹ุง ูˆูŽูŠูŽุฌู’ู„ูุณู ุนูŽู„ูŽู‰ ุฑูุฌู’ู„ูู‡ู ุงู„ู’ูŠูุณู’ุฑูŽู‰ ูˆูŽูŠูŽู†ู’ุตูุจู ู‚ูŽุฏูŽู…ูŽู‡ู ุงู„ู’ูŠูู…ู’ู†ูŽู‰ ูˆูŽูŠูŽุถูŽุนู ูŠูŽุฏูŽูŠู’ู‡ู ุนูŽู„ูŽู‰ ููŽุฎูุฐูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุงู„ู’ุฃูŽุตูŽุงุจูุนู ู…ูŽู†ู’ุดููˆุฑูŽุฉูŒ ูˆูŽู„ูŽุง ูŠูŽุชูŽูƒูŽู„ู‘ูŽูู ุถูŽู…ู‘ูŽู‡ูŽุง ูˆูŽู„ูŽุง ุชูŽูู’ุฑููŠุฌูŽู‡ูŽุง
โ€ŽูˆูŽูŠูŽู‚ููˆู„ู ุฑูŽุจู‘ู ุงุบู’ููุฑู’ ู„ููŠ ูˆูŽุงุฑู’ุญูŽู…ู’ู†ููŠ ูˆูŽุงุฑู’ุฒูู‚ู’ู†ููŠ ูˆูŽุงู‡ู’ุฏูู†ููŠ ูˆูŽุงุฌู’ุจูุฑู’ู†ููŠ ูˆูŽุนูŽุงููู†ููŠ ูˆูŽุงุนู’ูู ุนู†ูŠย 

Klop kan? ๐Ÿ™‚ย 

Kitab Hasyiyah al-Jamal (1/380) juga menyebutkan bahwa tambahan waโ€™fuโ€™anni itu berasal dari Imam al-Ghazali. Bukan cuma itu, tambahan doa yang dianjurkan dibaca saat duduk diantara dua sujud, menurut kitab ini, termasuk doa sapu jagad: Rabbana atina fid dunya hasanah wa fil akhirati hasanah waqina โ€˜azaban nar. Simak kutipan berikut:

โ€Žุฒุงุฏ ููŠ ุงู„ุฅุญูŠุงุก ูˆุงุนู ุนู†ูŠุŒ ูˆูŠุณุชุญุจ ู„ู„ู…ู†ูุฑุฏ ูˆุฅู…ุงู… ู…ู† ู…ุฑ ุฃู† ูŠุฒูŠุฏ ุฑุจ ู‡ุจ ู„ูŠ ู‚ู„ุจุง ุชู‚ูŠุง ู†ู‚ูŠุง ู…ู† ุงู„ุดุฑูƒ ุจุฑูŠุง ู„ุง ูƒุงูุฑุง ูˆู„ุง ุดู‚ูŠุง ูˆููŠ ุชุญุฑูŠุฑ ุงู„ุฌุฑุฌุงู†ูŠ ุฑุจ ุงุบูุฑ ูˆุงุฑุญู… ูˆุชุฌุงูˆุฒ ุนู…ุง ุชุนู„ู… ุฅู†ูƒ ุฃู†ุช ุงู„ุฃุนุฒ ุงู„ุฃูƒุฑู… ุฑุจู†ุง ุขุชู†ุง ููŠ ุงู„ุฏู†ูŠุง ุญุณู†ุฉ ูˆููŠ ุงู„ุขุฎุฑุฉ ุญุณู†ุฉ ูˆู‚ู†ุง ุนุฐุงุจ ุงู„ู†ุงุฑ.

Kitab fiqh lainnya yang lazim digunakan sebagai standar rujukan yaitu Hasyiah Qalyubi (1/184) juga mencantumkan tambahan kata waโ€™fuโ€™anni, plus dengan tambahan doa lainnya, yang sudah disebutkan di kitab-kitab sebelumnya, seperti yang saya cantumkan teksnya di bawah ini:

โ€ŽูˆูŽุงุนู’ูู ุนูŽู†ู‘ููŠ. ุฑูŽุจู‘ู ุงุบู’ููุฑู’ ูˆูŽุงุฑู’ุญูŽู…ู’ ูˆูŽุชูŽุฌูŽุงูˆูŽุฒู’ ุนูŽู…ู‘ูŽุง ุชูŽุนู’ู„ูŽู…ู ุฅู†ู‘ูŽูƒ ุฃูŽู†ู’ุชูŽ ุงู„ู’ุฃูŽุนูŽุฒู‘ู ุงู„ู’ุฃูŽูƒู’ุฑูŽู…ูุŒ ุฑูŽุจู‘ู ู‡ูŽุจู’ ู„ููŠ ู‚ูŽู„ู’ุจู‹ุง ุชูŽู‚ููŠู‘ู‹ุง ู†ูŽู‚ููŠู‘ู‹ุง ู…ูู†ู’ ุงู„ุดู‘ูุฑู’ูƒู ุจูŽุฑููŠู‘ู‹ุง ู„ูŽุง ูƒูŽุงููุฑู‹ุง ูˆูŽู„ูŽุง ุดูŽู‚ููŠู‘ู‹ุง

Sebagai pamungkas, biar sedap rasanya, kita kutip juga keterangan Syekh bin Baz dalam Fatwanya:

โ€Žุซู… ูŠุฑูุน ู…ู† ุงู„ุณุฌุฏุฉ ู‚ุงุฆู„ุงู‹: (ุงู„ู„ู‡ ุฃูƒุจุฑ) ูˆูŠุฌู„ุณ ู…ูุชุฑุดุงู‹ ูŠุณุฑุงู‡ ู†ุงุตุจุงู‹ ูŠู…ู†ุงู‡ุŒ ููŠุถุน ูŠุฏู‡ ุงู„ูŠู…ู†ู‰ ุนู„ู‰ ูุฎุฐู‡ ุงู„ูŠู…ู†ู‰ ุฃูˆ ุนู„ู‰ ุงู„ุฑูƒุจุฉ ุจุงุณุทุงู‹ ุฃุตุงุจุนู‡ ุนู„ู‰ ุฑูƒุจุชู‡ุŒ ูˆูŠุถุน ูŠุฏู‡ ุงู„ูŠุณุฑู‰ ุนู„ู‰ ูุฎุฐู‡ ุงู„ูŠุณุฑู‰ ุฃูˆ ุนู„ู‰ ุฑูƒุจุชู‡ ูˆูŠุจุณุท ุฃุตุงุจุนู‡ ุนู„ู‰ ุฑูƒุจุชู‡ ู‡ูƒุฐุง ุงู„ุณู†ุฉุŒ ุฅุฐุง ุฌู„ุณ ุจูŠู† ุงู„ุณุฌุฏุชูŠู† ูŠุถุน ุงู„ูŠู…ู†ู‰ ุนู„ู‰ ูุฎุฐู‡ ุงู„ูŠู…ู†ู‰ ุฃูˆ ุฑูƒุจุชู‡ ุงู„ูŠู…ู†ู‰ุŒ ูˆูŠุถุน ุงู„ูŠุณุฑู‰ ุนู„ู‰ ูุฎุฐู‡ ุงู„ูŠุณุฑู‰ ุฃูˆ ุฑูƒุจุชู‡ ุงู„ูŠุณุฑู‰ุŒ ูˆูŠู‚ูˆู„: ุฑุจ ุงุบูุฑ ู„ูŠ.. ุฑุจ ุงุบูุฑ ู„ูŠ.. ุฑุจ ุงุบูุฑ ู„ูŠ ูƒู…ุง ูƒุงู† ุงู„ู†ุจูŠ ูŠู‚ูˆู„ ๏ทบุŒ ูˆูŠุณุชุญุจ ุฃู† ูŠู‚ูˆู„ ู…ุน ู‡ุฐุง: ุงู„ู„ู‡ู… ุงุบูุฑ ู„ูŠุŒ ุงู„ู„ู‡ู… ุงุบูุฑ ู„ูŠุŒ ูˆุงุฑุญู…ู†ูŠุŒ ูˆุงุฌุจุฑู†ูŠุŒ ูˆุงุฑุฒู‚ู†ูŠุŒ ูˆุนุงูู†ูŠุŒ ูŠุฑูˆู‰ ู‡ุฐุง ุนู† ุงู„ู†ุจูŠ ๏ทบ ุฃูŠุถุงู‹ ู…ุน ู‚ูˆู„ู‡: ุฑุจ ุงุบูุฑ ู„ูŠ.. ุฑุจ ุงุบูุฑ ู„ูŠุŒ ุงู„ู„ู‡ู… ุงุบูุฑ ู„ูŠุŒ ูˆุงุฑุญู…ู†ูŠุŒ ูˆุงู‡ุฏู†ูŠุŒ ูˆุงุฌุจุฑู†ูŠุŒ ูˆุงุฑุฒู‚ู†ูŠุŒ ูˆุนุงูู†ูŠุŒ ูˆุฅู† ุฏุนุง ุจุงู„ุฒูŠุงุฏุฉ ูู„ุง ุจุฃุณ ูƒุฃู† ูŠู‚ูˆู„: ุงู„ู„ู‡ู… ุงุบูุฑ ู„ูŠ ูˆู„ูˆุงู„ุฏูŠุŒ ุงู„ู„ู‡ู… ุฃุฏุฎู„ู†ูŠ ุงู„ุฌู†ุฉ ูˆุฃู†ุฌู†ูŠ ู…ู† ุงู„ู†ุงุฑุŒ ุงู„ู„ู‡ู… ุฃุตู„ุญ ู‚ู„ุจูŠ ูˆุนู…ู„ูŠ.. ูˆู†ุญูˆ ุฐู„ูƒ ู„ุง ุจุฃุณุŒ ูˆู„ูƒู† ูŠูƒุซุฑ ู…ู† ุงู„ู…ุบูุฑุฉ.. ู…ู† ุทู„ุจ ุงู„ู…ุบูุฑุฉ ููŠู…ุง ุจูŠู† ุงู„ุณุฌุฏุชูŠู† ุงู‚ุชุฏุงุก ุจุงู„ู†ุจูŠ ุนู„ูŠู‡ ุงู„ุตู„ุงุฉ ูˆุงู„ุณู„ุงู….

Menurut ulama Wahabi ini mengucapkan tambahan doa dalam duduk diantara dua sujud itu tidak masalah. Misalnya tambahan doa Allahumaghfirli waliwalidayya, atau Allahuma adkhilnil jannah wa anjini minan nar, atau Allahuma ashlih qalbiy wa โ€˜amaliy, dan doa-doa yang semacam ini tidak mengapa. Intinya adalah doa mohon ampunanย  kepada Allah di antara dua sujud dengan mengikuti Nabi Muhammad Saw.

Di atas sudah saya jelaskan bahwa mayoritas ulama memandang sunnah membaca doa saat duduk di antara dua sujud. Bahkan para ulama selain menggabungkan tujuh kata dalam berbagai riwayat hadits, mereka juga memberi tambahan redaksi doa. Dari hanya satu tambahan kata waโ€™fuโ€™anni, sampai doa satu-dua kalimat yang lebih panjang.

Kenapa sih kita senang sekali mempersoalkan hal-hal yang sekunder seperti ini, dan sibuk menyalah-nyalahkan bacaan doa saudara kita hanya karena ada satu tambahan kata, padahal para ulama tidak mempersoalkannya?

Jadi, jangankan hanya ditambahi satu kata waโ€™fuโ€™anni. Ditambahan doa lainnya juga boleh. Tidak baca apapun saat duduk diantara dua sujud shalat kita tetap sah. Mohon para Ustad untuk lebih bijak lagi dan tidak mempersoalkan amalan yang sudah lazim dilakukan di tanah air. Yakinlah, para ulama kami itu bijak dan paham literatur keislaman. Wa Allahu aโ€™lam bish shawab.

Tabik,

Nadirsyah Hosen
Rais Syuriah PCI Nahdlatul Ulama Australia-New Zealand dan Dosen Senior Monash Law Schoolย 

Link